Tini Toon

Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) yang gunanya  memenuhi kebutuhan pasar akan barang atau jasa, menetapkan suatu harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui pertukaran agar dapat memuaskan para konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Tujuan dari pemasaran yaitu :
1.    Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.    Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
3.    Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
    Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Stanton, 1978).
Unsur-unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah
A.    Pemasar
Pemasar adalah suatu bagian (organisasi) perusahaan atau perorangan (kelompok) yang mempunyai suatu tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan dari kegiatan pemasar contohnya mencari keuntungan (profit), pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya. Pemasar harus mempunyai suatu metode tertentu yang dapat memproduksi barang dan jasa dalam rangka pemenuhan kebutuhan pasar. Kapasitas masing-masing unsur dalam setiap organisasi atau pribadi belum tentu seimbang. Misalnya suatu perusahaan mempunyai sumber dana lebih rendah daripada tingkat teknologi yang dimiliki. Kapasitas pemasar satu dengan yang lain belum tentu sama.

Pemasar dapat merupakan :
1.    Produsen (generalnya berorientasi pada profit)
2.    Organisasi (belum tentu berorientasi pada profit)
3.    Pemerintah (berorientasi pada hajat hidup orang banyak/ kesejahteraan umum)


B.    Barang dan Jasa
Barang dan jasa adalah suatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan suatu kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret (berwujud) atau tidak konkret (tidak berwujud/ jasa) atau kedua-duanya.

C.    Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang terhubung dan terikat yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai bagian dari permintaan terhadap barang atau jasa. Tujuan dari konsumen pribadi adalah pemenuhan dan kepuasaan kebutuhan. Tujuan dari organisasi perusahaan adalah keuntungan atau yang lain.

D.    Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing. 





Categories:

Leave a Reply