Tini Toon

Dalam bahasa indonesia menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media atau tempat seperti kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pinsil atau pena atau dapat menggunakan media lainya seperti  computer. Menulis bukan hal yang sederhana, tetapi juga bukan hal yang berat. Menulis memerlukan perhatian yang serius dan totalitas pada saat menulis atau menuangkan gagasan dalam tulisan. Menulis adalah proses bernalar dimana sebelum menuangkan ide-idenya harus berfikir atau bernalar. Sebagai contohnya mahasiswa yang ingin menjadi sarjana sebelumnya harus membuat tugas akhir atau skripsi dimana pembuatan tugas akhir yaitu menulis suatu penelitian yang dibutuhkan bernalar yang butuh keseriusan agar terciptalah suatu tulisan yang bebobot dan berguna untuk orang lain.

Dalam menulis dan bernalar merupakan  metode pemikiran yang terdiri dari tiga komponen penting yaitu argumen, klaim dan data. Klaim adalah inti dari sebuah tulisan dimana dalam tulisan itu harus adanya suatu argumen yang membernarkan dari klaim itu sendiri, oleh sebab itu di perlukan data untuk memperkuat argumen tersebut, jika tidak ada data dalam argumen tersebut maka tidak bisa di pertanggung jawabkan.

Proses penalaran yang sehat di dukung penggunaan bahasa yang baik dan efektif, di dalam menulis perlu adanya kemampuan berbahasa, sedangkan setiap manusia secara potensial memiliki kemampuan untuk bernalar dan berkreativitas. Menulis adalah aktivitas yang dapat melatih kemampuan berfikir logis. Menulis yang baik bisa dinilai dari logis atau tidaknya ketiga komponen yang berkaitan tersebut. Argumen mengenai suatu klaim haruslah logis. Jangan sampai memberikan argumen yang tidak ada hubungannya dengan sebuah klaim itu sendiri. Dengan bukti, data yang disajikan untuk memeperkuat argumen juga harus logis. Oleh sebab itu, tanpa sadar sebagian orang yang selalu membaca, akan lebih mudah menuangkan pemikirannya dalam sebuah tulisan atau karangan.

Kemampuan bernalar seseorang akan terus berkembang, karena dalam menulis dapat memperluas pemikiran- pemikiran yang di tuangkan dalam sebuah karangan dengan argumen yang tepat.

Categories:

Leave a Reply