Tini Toon

Sekretariat Jenderal DPR membeberkan rencana mereka untuk merenovasi toilet di gedung wakil rakyat itu. Anggaran renovasi disediakan sejumlah Rp2 miliar. Pihak kesetjenan DPR menyatakan kondisi toilet di gedung itu sangat memprihatinkan.
 
Dalam hitung-hitungan yang dibuat Uchok, renovasi bakal memakan biaya sekitar Rp 9 juta untuk setiap toilet yang berada di Gedung Nusantara I, yang berlantai 24 tersebut. "Uang sebanyak itu tak seharusnya hanya digunakan untuk perbaikan toilet, masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting," ujarnya.
 
Menurut Kepala Biro Pemeliharaan Pembangunan dan Instalasi Sekretariat Jenderal DPR Sumirat, rencana renovasi toilet sudah disepakati masuk anggaran 2012. "Sudah disetujui dalam rapat BURT (badan urusan rumah tangga), kami kini menantikan persetujuan untuk pelaksanaannya," katanya.
 
Tidak semua toilet di Kompleks Gedung DPR akan direvonasi. Renovasi hanya akan dilakukan untuk toilet di GEDUNG NUSANTARA 1, tempat ke-560 ruangan legislator berada. “Perkiraan renovasi toilet keseluruhan dipagu Rp2 miliar. 
 
Dana renovasi toilet di Gedung Nusantara I DPR RI yang direncanakan sebesar dua miliar rupiah itu tidak wajar dan terlalu besar. banyak anggota dewan itu sendiri yang menuai pro dan kontra. Kalau untuk bangun toilet dengan dana dua miliar terlalu besar. Sama saja Sekjen DPR ikut-ikutan jadi pemboros dana.
 
Alangkah baiknya apabila ada dana yang besar itu dipergunakan untuk yang lain, seperti untuk penyelesaian masalah bencana dan lain-lain. Terlebih saat ini banyak berbagai daerah di Indonesia sedang dilanda bencana alam berupa banjir dan tanah longsor.

Categories:

Leave a Reply