Tini Toon

Bank Mandiri memperoleh penghargaan internasional atas konsistensi dalam menerapkan tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG)  melalui ajang Corporate Governance Asia (CGA) Annual Recognition Award 2012.

Bank Mandiri juga mendapat penghargaan The Best of Asia dari CGA, demikian siaran pers Bank Mandiri yang diterima di Jakarta, Kamis.

Siaran pers itu menyebutkan penghargaan yang telah diterima Bank Mandiri selama empat kali berturut-turut sejak 2009 itu diserahkan oleh Publisher CGA Aldrin Monsod kepada Direktur Compliance dan Human Capital Bank Mandiri Ogi Prastomiyono di Hong Kong, Rabu (20/6) malam.

CGA juga memberikan penghargaan Asian Corporate Director recognition Award kepada Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini atas konsistensi dan dedikasi dalam penerapan GCG di perseroan sebagai budaya kerja.

CGA Recognition Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai terbaik dalam menerapkan GCG, etika bisnis, CSR, lingkungan kerja dan kinerja perusahaan.

Ajang ini digelar oleh Corporate Governance Asia, sebuah Jurnal yang mempublikasikan berita dan analisa tentang penerapan tata kelola perusahaan, kinerja manajemen perusahaan dan aktivitas pemegang saham.

Ogi Prastomiyono mengatakan, keberhasilan ini merupakan bukti bahwa pelaksanaan GCG di Bank Mandiri sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku secara internasional. Hal ini juga menunjukkan leadership yang kuat dari pimpinan perusahaan dalam menjadikan GCG sebagai budaya kerja.

Penghargaan ini merupakan bentuk keberhasilan seluruh jajaran Bank Mandiri dalam menerapkan GCG. “Kami menyadari bahwa penerapan prinsip-prinsip GCG secara konsisten dan disiplin menjadi faktor penting yang menentukan tingkat profitabilitas, reputasi serta keberhasilan dalam memberikan nilai tambah kepada stakeholders,” katanya.

Penghargaan ini, lanjut Ogi, juga memotivasi manajemen untuk terus memperkuat penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian dan kewajaran di perseroan.

Menurut Ogi, prestasi yang diraih Bank Mandiri di bidang GCG selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis dan kinerja keuangan Bank Mandiri yang signifikan dari 2005 hingga Maret 2012. Total aset terus meningkat dari Rp263,38 triliun pada 2005 menjadi Rp551,89 triliun pada 2011.

Penyaluran kredit tumbuh dari Rp106,85 triliun pada 2005 menjadi Rp314,38 triliun pada 2011. Sementara pada 2012 hingga akhir Maret penyaluran kredit Bank Mandiri telah tumbuh menjadi Rp327,17 triliun.

Pertumbuhan tersebut juga diikuti dengan peningkatan kualitas kredit yang ditunjukkan dengan NPL Netto yang turun dari 15,34% pada 2005 menjadi 0,52% pada 2011 dan 0,51% pada Maret 2012.

Kinerja yang baik tersebut mendorong pertumbuhan laba bersih dari Rp0,6 triliun pada tahun 2005 menjadi Rp12,2 triliun pada 2011. Sementara pada triwulan I/2012, laba bersih Bank Mandiri sudah mencapai Rp3,4 triliun. (ant/gor)

Sumber :
http://www.investor.co.id/home/bank-mandiri-raih-gcg-terbaik/38831

Leave a Reply