Tini Toon

Bank Indonesia akan memberikan sanksi penambahan modal bagi bank yang tidak menerapkan good corporate governance.
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah mengatakan bank sentral akan segera mengeluarkan aturan yang memasukan risiko-risiko yang bersifat kualitatif dalam rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR).
“Contohnya yang berkaitan dengan GCG [good corporate governace]. Itu kan susah dihitung secara kuantitatif,” ujarnya, di Jakarta, kemarin.
Menurut dia dalam aturan ini pengawas bank akan menilai kualitas penerapan GCG dimasing-masing bank. “Bila pengawas menilai bank tersebut tidak memenuhi ketentuan GCG, maka dia bisa meminta bank tersebut untuk menambah modal,” kata dia,
Sanksi penambahan modal ini, menurut dia, tetap akan diberlakukan meskipun bank tersebut memiliki rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) sesuai aturan BI, yakni diatas 8%. “Penambahan modal ini bisa dilakukan dengan rights issues, menerbitkan obligasi atau penambahan modal dari pemilik,” kata dia.
Menurut Halim, pengawas bank telah memiliki perhitungan standar sehingga bisa mengkonversi kekurangan GCG yang sifatnya kualitatif menjadi penambahan modal yang sifatnya kuantitatif. “Itu ada manualnya di internal pengawas bank,” kata dia,
Selama ini hanya ada tiga risiko yang harus dimasukan kalangan perbankan dalam rasio kecukupan modal, yakni risiko kredit, risiko pasar dan risiko operasional. Ketiga risiko yang bisa dihitung secara kuantitatif tersebut merupakan penerapan Basel tahap II.
Pada awal tahun ini, BI telah mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 13/1/PBI/2011 tentang penilaian tingkat kesehatan bank umum. Dalam PBI ini ada empat indikator kesehatan bank yakni profil risiko (risk profile), GCG, rentabilitas (earnings) dan permodalan (capital).
Semua indikator tersebut dianalisis secara komprehensif dan terstruktur yang kemudian ditetapkan dalam sebuah peringkat dengan nilai 1-5. Penetapan angka peringkat yang semakin kecil menunjukan kesehatan bank semakin baik.

Sumber :
http://www.bisnis-jatim.com/index.php/2011/01/26/bank-yang-tidak-terapkan-gcg-akan-dikenai-sanksi/

Leave a Reply