Tini Toon

Negara Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya energinya baik itu minyak bumi, gas alam. Energy yang sedemikian banyaknya sayang sekali tidak begitu dimanfaatkan oleh Negara dalam segi pasokan energy (masih sedikit kekurangan). Berikut akan saya paparkan akan jenis-jenis energy :

1. Gas Alam (Natural Gas)
Adalah gas yang terkumpul dibawah tanah dengan berbagai macam komposisi, yang kandungan minyak bumi (associated gas). Pada umumnya semua kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, dimana gas itu larut dalam minyak mentah dan seringkali membentuk “Cungkup Gas’ (gas cap) di atas kandungan minyak bumi tersebut. Tetapi ada juga pengumpulan gas alam yang lepas dari kandungan atau ladang minyak bumi (misalnya ladang gas Arun di Aceh, Sumatra dan ladang Gas Badak di Kalimantan Timur). Gas alam adalah campuran hidro karbon yang mempunyai daya tekan tinggi dan daya kembang besar, dengan berat jenis spesifik yang rendah dan secara alamiah terdapat dalam bentuk gas. Komponen gas-gas utama dari gas alam adalah
a. Methana (metan) : CH4
b. Ethana (etan) : C2H6
c. Propane (propan) : C3H8
d. Isobutane (isobutan) : C4H10
e. Butane (butan-normal) : C4H10
f. Pentane (pentan) : C5H12

Selain komponen-komponen tersebut, gas alam dapat juga mengandung nitrogen, helium, karbondioksida, dan karbon-karbon (seperti hydrogen sulfide, carbonyl sulfida, merkapten-merkapten, asphaltina-asphaltina dan mercury).

2. Cairan Gas Alam (NGL)
Adalah hidrokarbon-hidrokarbon yang terdapat dalam kandungan (akumulasi) gas alam dalam bentuk cair dalam kondisi suhu dan tekanan yang tidak terlalu ekstrim. Propan, Butan, Pentan terdapat sebagai cairan gas alam dan diperoleh dengan proses-proses pendinginan, penyulingan atau absorpsi. Heksan dengan tekanan uap yang relative rendah sering disebut kondensat atau bensin alam.

3. Petro Gas Cair (Elpiji, LPG, Liqui fied Petroleum Gas)
Adalah gas propan atau gas buatan atau campuran dari kedua gas tersebut. Hidrokarbon berbentuk gas yang lebih berat itu diproses menjadi cairan untuk memungkinkan penampungan, pengangkutan dan mudah penanganannya. LPG diperjualbelikan dalam tabung seperti gas dalam botol. Dengan demikian Elpiji adalah sumber energy panas yang penggunaannya luas sekali di daerah-daerah yang sulit dicapai, kalau penyalurannya melalui pipa. Digunakan penggerak mesin (seperti:mobil) dan banyak digunakan dalam industry rumah tangga.

4. Gas Alam Cair (LNG)
Adalah gas alam (yaitu kebanyakan gas mentah) yang dicairkan untuk memungkinkan penampungan atau pengangkutannya. Proses pencairan tidaklah semudah pencairan LPG (Elpiji), untuk mendapatkan LNG harus digunakan suhu yang rendah sekali -162°C dan tekanan yang tinggi sekali. Setelah mengalami proses regasifikasi (kembali berbentuk gas) LNG digunakan untuk bahan bakar bagi industry, seperti Industri listriknya misalnya

Categories:

Leave a Reply