Tini Toon

Bersama-sama guru, siswa-siswa membuat rencana pembentukan koperasi sekolah. Pada saat itu juga dibuat proposal pendirian koperasi sekolah yang kemudian disampaikan ke kepala sekolah. Setelah ada persetujuan dari kepala sekolah, dibuatlah rencana pendirian koperasi yang dilanjutkan dengan pertemuan perwakilan dari tiap kelas.
Setelah pengurus terbentuk, rapat pengurus diselenggrakan untuk membahas program kerja atau usaha-usaha yang akan dilaksanakan koperasi. Pengurus terpilih adalah mereka yang mendapat kepercayaan anggota dan pemegang amanat rapat anggota koperasi untuk mengelola koperasi sekolah.

Praktik Koperasi
Pengurus dapat belajar mengerakan / memimpin segenap fasilitas pada koperasi, baik anggota pengurus, maupun petugas koperasi lainnya. Kegiataan usaha toko itu antara lain sebagai berikut.
1.    Mengatur barang-barang ditoko, baik penataan ruang ataupun peletakan barang di etalase toko.
2.    Pengaturan sirkulasi pembayaraan.
3.    Label harga jual, siswa dapat belajar cara membuat label harga yang benar
4.    Toko dan administrasi keuangan, siswa dapat belajar cara mencatat pembelian, cara menghitung dan mencatat stok barang yang ada
5.    Sumber pemasok barang yang baik. Di Koperasi, siswa dapat belajar cara mencari pemasok yang baik murah dan terpercaya.
6.    Mengadakan perjanjian atau kontrak dengan pihak ketiga.
7.    Menyusun laporan keuangan tahunan atas petunjuk koperasi guru atau karyawan koperasi

Categories:

Leave a Reply